Rabu, 09 Januari 2013

PATOLOGI - PERSOALAN SDM


(PERSOALAN SDM)
Patologi Yang Disebabkan Karena Rendahnya Pengetahuan Dan Keterampilan Pelaksana Kegiatan Operasional
·         Tujuan Ideal Birokrasi Adlh Untuk  Memberikan Pelayanan Yang Baik
·         Ingat Ciri Pokok Birokrasi Struktural Weber :
“Birokrasi Adalah Sistem Administrasi Rutin Yang Dilakukan Dengan Keseragaman, Diselenggarakan Dengan Cara Tertentu, Didasarkan Aturan Tertulis, Dan Dilaksanakan Oleh Orang-Orang Yang Kompeten Di Bidangnya”
·         Artinya Pelayanan Dalam Aktifitas Birokrasi Memerlukan Kemampuan Dan Keterampilan Yang Fungsional

SUMBER MASALAH
Beberapa Hal Yg Di Indikasi Menjadi Sumber Patologi Sdm Adalah :
1.      Proses Rekrutmen Yang Salah (Organisasi)
2.      Penempatan Tenaga Birokrasi Yg Tdk Berbasis Pada Latar Belakang Kompetensi, (Organisasi)
3.      Minimnya Program Peningkatan  Kompetensi Melalui Keterampilan, Pengalaman,Diklat (Organisasi)
4.      Kurangnya Minat Dan Kemampuan Mengembangkan Diri (Individu)

JENIS AKTIFITAS
Beberapa Aktifitas/Prilaku/Sikap Birokrasi Yg Termasuk Kelompok Ini Antara Lain :
  1. Ketidak Mampuan Menjabarkan Kebijakan
  2. Ketidaktelitian Dan Ketidaktepatan Tindakan
  3. Rasa Puas Diri  Dan Tidak Adanya Kemapuan Berkembang
  4. Bertindak Tanpa Pikir Dan Kebingungan
  5. Tindakan Yg Kontra-Produktif
  6. Hasil Pekerjaan Yg Tidak Bermutu (Rendah)
  7. Kedangkalan Dan Ketidakmampuan Belajar
  8. Inkompetensi Dan Kemampuan Rendah (Mediocrity)
  9. Ketidakcekatan Dan Sikap Ragu-Ragu
  10. Ketidakteraturan Dan Ketidakrapian
  11. Melakukan Kegiatan Yang Tidak Relevan
  12. Kurangnya Imajinasi/Improvisasi Dan Prakarsa
  13. Bekerja Tdk Produktif
  14. Stagnasi
1.      Ketidak Mampuan Menjabarkan Kebijakan
·         Birokrasi Sebagai Organisasi Yang Memiliki Hirarki Akan Memiliki Struktur Hubungan Atasan –Bawahan, Pengambil Kebijakan Dan Pelaksana Kebijakan
·         Birokrasi Pada Posisi Pelaksana Kebijakan Hrs Mampu Memahami Dan Menterjemahkan Keputusan/Kebijakan Dalam Tingkatan Operasional
·         Untuk Itu Perlu Persamaan Persepsi Yang Tentu Saja Didukung Kemampuan Untuk Memahami Kebijakan
2.      Ketidaktelitian Dan Ketidaktepatan Tindakan
·         Tingkat Ketrampilan Dan Kemampuan Yang Rendah Dpt Menyebabkn Pelaku Birokrasi Bekerja Kurang Teliti/Cermat Dan Tdk Tepat Dalam Bertindak
·         Prilaku Praktik Birokrasi Ini Dpt Merugikan Konsumen/User/Masyarakat Bahkan Bisa Menyebabkan Hal Fatal
·         Contoh : Kesalahan Dlm Mengentri Data Pajak, Kesalahan Dlm Mendiagnosa Penyakit
3.      Berpuas Diri  Dan Tidak Adanya Kemampuan Berkembang
·         Menganggap Dirinya  Memiliki Kemampuan Yang Cukup, Hal Ini Sangat Berbahaya Krn Membangun Mentalitas Overconfiden Dan Cenderung Menyederhanakan Persoalan
·         Birokrat Tipe Seperti Ini Biasanya Sulit Berkembang
·         Sementara Dinamika Sosial, Permasalahan Semakin Kompleks Serta Masyarakat Semakin Cerdas Dan Kritis
·         Contoh :Maraknya Kejahatan Dunia Maya, Maka Aparat Penegak Hukum Dituntut Untuk Memiliki Kemapuan Dlm Bidng It , Tdk Boleh Berpuas Pd Kemampuan Dlm Bidang Hukum Saja
4.      Bertindak Tanpa Pikir Dan Kebingungan
·         Tdk Dpt Di Pungkiri Indikator Sdm Dng Kemampuan Rendah Adlh Kebingungan Dalam Menjalankan Tugas
·         Selain Itu Kemampuan Yang Rendah Seringkali Orang Berbuat /Bertindak Tanpa Disertai Pikiran Yang Rasional Dan Tidak Berdasarkan Keilmuan
5.      Tindakan Yg Kontra-Produktif
·         Beberapa Prilaku Yang Termasuk Kontra Produktif Adalah Misalnya Mengulur Waktu, Menunda Pekerjaan, Membuat Sulit Pekerjaan Yng Mestinya Sederhana
6.      Hasil Pekerjaan Yg Tidak Bermutu (Rendah)
·         Hasil Yang Berkualitas, Baik/Bermutu Tentu Dihasilkan Dari Proses Yang Baik Pula
·         Dan Proses Yang Baik Di Dukung Oleh Input Yang Berkualitas Pula, Termasuk Sdm Yang Berkualitas
7.      Kedangkalan Dan Ketidakmampuan Belajar
·         Kemampuan Yang Terbatas Atau Luarnya Saja Tentu Tidak Dpt Memberikan Solusi Yang Tuntas/Mendalam  Thd Sebuah Persoalan
·         Kedangkalan Bisa Di Sebabkan  Karena Ketidakmampuan Belajar
·         Contoh : Dokter Umum Tentu Kurang Detil Dlm Memberikan Analisa Penyakit Tertentu Di Bandingkan Dengan Dokter Spesialis
8.      Inkompetensi
·         Inkompetensi Biasanya Di Sebabkan Oleh Penempatan Birokrat/Pegawai Pada Posisi Yang Salah Atau Tidak Berdar Kompetensi Bidang Kemampuan
·         Penempatan Pegawai/Birokrat Yg Mengabaikan Faktor : Pendidikan, Keterampilan, Minat, Bakat Kepribadian Serta Faktor Konfigurasi Fisik Dan Mental.
9.      Ketidakcekatan Dan Sikap Ragu-Ragu
·         Indikasi Lain Rendahnya Kemampuan Birokrat Dpt Dilihat Dari Cara Kerja Yang Tidak Cekatan Dan Ragu-Ragu
·         Terlalu Hati-Hati Dan Takut Salah Karena Tidak Yakin Dengan Pengetahuan Dan  Kemampuan Yng Dimiliki
·         Contoh Dalam Penanganan Pasien, Bila Perawat Yg Ada Kemampuannya Terbatas, Maka Ada Kecenderungan Tdk Berani Bertindak, Tdk Cekatan Dan Takut Salah.
10.  Ketidakteraturan Dan Ketidakrapian
·         Birokrat/Aparat Yng Memiliki Kemampuan Yang Baik Biasanya Di Ikuti Dengan Prilaku Kerja /Budaya Kerja Yang Teratur, Sistematis, Terncana Dan Rapi
·         Setiap Pekerjaan Dilaksanakan Brdasarkan Perencanaan Yg Sistematis, Detail Dan Teratur
·         Contoh : Aparat Penegak Hukum Polisi Yg Memiliki Kemampuan Yang Baik, Maka Ketika Menangani Suatu Perkara Diakan Bekerja Secara Sistematis Sesuai Dengan Protap.
·         Misalnya Dlm Penetapan Tersangka, Maka Sbelunya Sudah Dilakukan Tindakan Pemanggilan, Penyidikan, Penyelidikan Sampai Pada Kesimpulan Tersangka Atau Saksi Saja.
11.  Melakukan Kegiatan Yang Tidak Relevan
·         Dalam Deskripsi Jabatan, Seorang Pegawai Disamping Menjalankan Tugas Utama,Maka Di Juga Memiliki Tugas Lain Yang Tentu Masih Berkaitan/Memilki Relevansi Dg Tugas Utamanya.
·         Tugas Utama Dokter Adalah Menyembuhkan Penyakit, Tugas Yang Relevan Misalnya Memberikan Penyuluhan Tentang Cara Hidup Sehat, Melakukan Penelitian Tentang Suatu Penyakit Dsb
12.  Kurangnya Imajinasi/Improvisasi Dan Prakarsa
·         Salah Satu Penyakit Akut Birokrasi Adalah Kurangnya Imajinasi  Dan Improvisasi Terhadap Pemecahan Persoalan2, Terlebih Pada Persoalan Yang Baru
·         Tidak Ada Keberanian Memakai Cara, Metode Dan Konsep Baru
·         Minim Inisiasi Dan Prakarsa Sehingga Bekerja Hanya Berdasarkan Tupoksi Baku Saja
·         Prilaku Penyebabnya Bukan Semata Dari Individu Birokrat Saja,Tapi Bisa Jg Faktor Organisasi Termasuk Gaya Kepemimpinan
13.  Bekerja Tdk Produktif
·         Salah Satu Kritik Terbesar Terhadap Birokrat Adalah Seringkali Bekerja Tidak Menghasilkan Sesuatu Atau Kurang Produktif
·         Bekerja Sebatas Rutinitas Tanpa Makna
·         Terjadi Pengangguran Terselubung. Pekerja Yang Tidak Bekerja
·         Contoh; Sering Di Jumpai Pns Yg Pada Jam Kerja Malah Berkeliaran Di Pasar Dan Mall
DAMPAK PATOLOGI JENIS INI
      Lalu Apa Ang Akan Terjadi Bila Patologi Ini Tidak Tertangani :
      Pelayanan Yang Tidak Memuaskan
      Lambat (Tidak Efektif)
      Tidak Memberi Output Yang Produktif
      Stagnasi, Penumpukan Beban Pekerjaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar