Pelayanan
Prima
Menurut Atep Adya Barata layanan prima
atau layanan istimewa (execellent service) atau service exellence disingkat Sex
atau SEX bertitik tolak pd upy pelaku bisnis u/ memberikan layanan
terbaiknya sbg wujud kepedulian perusahaan kpd pelanggan/konsumen
Definisi
Pelayanan Prima
·
Membuat
pelanggan merasa penting
·
Melayani
pelanggan dengan ramah, tepat dan cepat
·
Pelayanan
dengan mengutamakan kepuasan pelanggan
·
Menempatkan
pelanggan sebagai mitra
·
Pelayanan
optimal yang menghasilkan kepuasan pelanggan
·
Kepedulian
kepada pelanggan untuk memberikan rasa puas
·
Upaya
layanan terpadu untuk kepuasan pelanggan
Kesimpulan
definisi Pelayanan Prima
Berdasar definisi pelayanan prima terdpt 3 hal pokok :
1. adanya pendekatan sikap yg berkaitan
dgn kepedulian kpd pelanggan
2. upaya melayani dgn tindakan terbaik
3. ada tujuan u/ memuaskan pelanggan
dgn berorientasi pd standar
layanan ttt
Konsep
Pelayanan Prima
1. Konsep A3 yaitu :
Attitude (Sikap);
Attention (Perhatian);
Action (Tindakan)
2. Konsep A6 yaitu:
·
Ability
(Kemampuan): pengetahuan
dan keterampilan ttt yg mutlak diperlukan untuk menunjang program layanan
prima, meliputi : kemampuan dlm bdg kerja yg ditekuni;
melaksnakan komunikasi
efektif;
mengembangkan motivasi;
menggunakan public relations
·
Attitude
(Sikap):
perilaku atau perangai yg
harus ditonjolkan ketika menghadapi pelanggan
·
Appearance
(Penampilan): penampilan
seseorang, baik yang bersifat fisik saja maupun fisik dan non fisik, yang mampu
merefleksikan kepercayaan diri dan kredibilitas dari pihak lain
·
Attention
(Perhatian): kepedulian
penuh terhadap pelanggan, baik yg berkaitan dengan perhatian akan kebutuhan dan
keinginan pelanggan maupun pemahaman atas saran dan kritiknya
·
Action
(Tindakan): berbagai
kegiatan nyata yang harus dilakukan dalam memberikan layanan kepada pelanggan
·
Accountability
(Tanggung jawab): suatu sikap keberpihakan kepada pelanggan sebagai
wujud kepedulian untuk menghindarkan atau meminimalkan kerugian atau
ketidakpuasan pelanggan
Pentingnya
Pelayanan Prima
1. Pelayanan bagi pelanggan internal
·
Pelanggan Internal adalah orang-orang yg terlibat dlm proses produksi barang dan
atau jasa yg dihasilkan perusahaan
·
Keharusan
membudidayakan pelayanan prima scr internal adalah kunci sukses u/ mewujudkan
pelayanan prima bg pelanggan eksternal
2. Pelayanan bagi pelanggan eksternal
·
Pelanggan Eksternal: pelanggan atau pemakai dari produk perusahaan/instansi
·
Perusahaan
hrs sbg penyedia layananu/ memenuhi kebutuhan pelanggan krn pelanggan mrpk
tumpuan harapan bg perusahaan
Harapan
Pelanggan
·
Memperoleh
kepuasan dgn pengorbanan yg sebanding
·
Bg
pelanggan internal, pengorbanan adl jasa yg diberikan o/ pr peg scr
langsung atau tdk langsung u/ kelancaran orgs/ instansi,
·
Bg
pelanggan internal, kepuasan adl meliputi suasana kebersamaan dlm
bekerja dan imbalan jasa yg diperoleh
·
Bg
pelanggan eksternal, pengorbanan adl ongkos atau harga yg dibayarkan u/
memperoleh barang san atau jasa,
·
Bg
pelanggan eksternal, kepuasan adl kesesuaian antara harapan dengan
kenyataan manfaat yg diperoleh, dlm hal ini dicerminkan o/ nilai tambah dr
barang dan atau jasa yg dibelikannya
Harapan
Pelanggan Internal
·
Kebersamaan
dan kerjasama
·
Struktur,
sistem dan prosedur kerja yg efisien
·
Kualitas
kerja
·
Hubungan
kerja harmonis
·
Imbalan
Harapan
Pelanggan eksternal
·
Kemudahan
dalam memperoleh barang dan atau jasa
·
Persyaratan
kualitas barang atau jasa
·
Harga
yang kompetitif
·
Cara
pelayanan yg tepat, cepat dan ramah
·
Layanan
purna jual sebagai jaminan dan tanggung jawab
Kualitas
Pelayanan
1. Kualitas layanan internal berkaitan dgn interaksi jajaran
pegawai orgs/perush dgn berbagai fasilitas yg tersedia
·
Faktor
yg mempengaruhi a.l: pola manajemen umum orgs/perush;
penyediaan fasilitas
pendukung; pengembangan
sumberdaya manusia; iklim kerja & kesadaran hub kerja;
pola insentif
2. Kualitas layanan eksternal, ditentukan:
a.
berkaitan
dengan penyediaan jasa
o
pola
layanan & tata cara penyediaan jasa
ttt
o
pola
layanan distribusi jasa
o
pola
layanan penjualan jasa
o
pola
layanan dalam penyanpaian jasa
b.
berkaitan
dgn penyediaan barang :
o
pola
layanan & pembuatan/penyediaan barang berkualitas
o
pola
layanan pendistribusian barang
o
pola
layanan penjualan barang
o
pola
layanan purna jual
Kinerja dikaitkan Harapan dan
Kepuasan
·
Kinerja
< Harapan maka pelayanan kpd pelanggan dianggap tdk memuaskan
·
Kinerja
= Harapan maka pelayanan memuaskan ttp tingkat kepuasan minimal
·
Kinerja
> Harapan maka pelayanan dianggap istimewa atau sangat memuaskan
Meningkatkan
Kemampuan Pelayanan
1. Kemauan untuk melihat: melihat dan mendengar segala sesuatu dilakukan pihak
lain
2. Kemauan untuk mengatakan: kemauan diri u/ mengekpresikan pendapat melalui
kata-kata atau mengatakan sesuatu yg sebenarnya
3. Kemuan untuk menyimpan: kemauan seseorg u/ mengambil/ menyimpan dan memelihara
sesuatu yg baik dr hasil melihat/mendengar,mencari dan berkomunikasi
4. Kemauan u/ memecahkan berbagai masalah:
memp kemauan u/ memecahkan
masalah dan kendala scr cermat,tepat dan bijaksana
5. Kemauan untuk melayani: pelayanan yg baik akan terlaksana bilamana kita benar2
mempunyai kemauan u/ melayani.
Keberhasilan dlm melayani
tdk hanya bertumpu pd kemauan saja, jg didasarkan pd PAMIT
1. Power
Adalah yg berkaitan dgn
kewenangan (otoritas) u/ melakukan tindakan yg berkaitan dgn suatu pelayanan
dan kekuatan kepribadian seseorang yg menjalankannya
2. Ability
Seseorang yg melakukan
pelayanan harus mempunyai kemampuan yang baik. Ia harus mengetahui pengetahuan
dan keterampilan yg memadai dalam bidangnya
3. Morality, Moral dari
seseorang yg melakukan tindakan pelayanan harus baik karena pelayanan yg baik
hanya muncul dari seseorang yang bermoral baik
4. Integrity
Untuk menghasilkan pelayanan prima bagi pelanggan, seseorang harus mempunyai
interitas yg tinggi kepada pekerjaan dan organisasi/perusahaan dimana ia
bekerja
5. Total
accountability, Seseorang
hrs dpt menjalankan tugas pekerjaannya dgn sungguh2, karena kesungguhan dlm
bekerja mrpk wujud tanggung jawab total, baik bagi diri
sendiri,perusahaan,pelanggan internal, maupun pelanggan eksternal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar