Selasa, 11 Juni 2013

TAN_NPM

Karakteristik

¡  Pengendalian yang berorientasi pada persaingan dengan cara pemisahan wewenang antara pihak yang memberi dana dan yang melaksanakan tugas;
¡  memfokuskan pada efektifitas, efisiensi dan mutu pelaksanaan tugas;
¡  pemisahan manajemen strategis (APA?) dari manajemen operasional (BAGAIMANA?);
¡  Dalam pemberian order dan anggaran umum, pelaksana order, baik swasta maupun pemerintah diperlakukan sama
¡  Adanya upaya meningkatkan inovasi yang terarah (sebagai bagian dari order kerja) karena adanya pendelegasian (bukan hanya desentralisasi) manajemen operasional

Tujuan

¡  merubah administrasi publik sedemikian rupa sebagai penyedia jasa bagi warga untuk menghasilkan layanan yang efisien dan efektif (bersifat seperti perusahaan) dengan tetap berorientasi tidak mencari laba

Pertanyaan kunci Sebelum Memasuki NPM

¡  Hasil atau tujuan apa saja yang akan dicapai? (TUJUAN)
¡  Kerja apa saja yang diperlukan untuk bisa memenuhi tujuan ini? (FUNGSI & ORGANISASI)
¡  Siapa yang harus melaksanakan kerja tersebut? (ORANG)
¡  Berapa banyak dana pemerintah yang harus digunakan untuk itu? (DANA)

Prasyarat

¡  Terdapat jumlah pendukung kritis yang cukup yang menghendaki reformasi yang terdiri dari
¡  Dukungan politik (dari politisi di legislatif)
¡  Dukung dari administrasi (birokrat)
¡  Masyarakat (memberikan tekanan yang dibutuhkan terhadap politisi dan administrasi)

Prakondisi

¡  sebelum upaya penerapan NPM ini bisa direalisasikan perlu diciptakan prakondisi berupa pendefinisian dan pembatasan tanggung jawab antara unit perencana, unit pelaksana (politik dan administrasi), dan perangkat sumber daya yang bersifat desentral.

Batasan tanggung jawab

¡  Tugas unit perencana (politisi di parlemen pusat atau daerah) menentukan apa yang harus dihasilkan administrasi/ unit pelaksana (pemerintah, pemda, pemkot).
¡  tugas unit pelaksana (administrasi) menghitung biaya yang dibutuhkan untuk melakukan kerja yang diminta unit perencana

Perangkat-perangkat New Public Management

¡  Manajemen kontrak
¡  Penyerahan tanggung jawab di bidang sumber daya
¡  Orientasi pada hasil kerja (output)
¡  Orientasi pada warga/pelanggan
¡  Personalia

Manajemen kontrak

¡  Yang dimaksud dengan manajemen kontrak adalah penyelenggaraan administrasi melalui kesepakatan-kesepakatan tentang tujuan yang hendak dicapai yang mencakup mulai dari tujuan yang hendak diraih hingga pengawasan terhadap proses pencapaian tujuan tersebut.
¡  Landasan manajemen kontrak adalah kontrak atau perjanjian antara pihak-pihak yang membuat perjanjian. Yaitu  antara pemerintah (politik) dan pihak pelaksana.
¡  Asas manajemen kontrak juga bisa diterapkan dalam penyelenggaraan administrasi. Pimpinan masing-masing bagian harus mendelegasikan tugas kerja kepada karyawan yang bertanggung jawab. Karyawan ini membuat kerja tertentu dalam divisinya. Selain mendelegasikan tugas, pimpinan juga berbicara dengan karyawannya tentang hasil kerja, anggaran dan ruang gerak untuk bertindak.
Kesepakatan  dalam kontrak  mengandung tiga unsur penting
¡  kuantitas
¡  kualitas (tujuan kerja)
¡  anggaran yang dibutuhkan
Yang penting dalam kesepakatan ini adalah bahwa si pemberi order menjelaskan produk yang diinginkan, tapi tidak menentukan bagaimana proses kerjanya dilakukan. Ini berarti, bagaimana pihak pelaksana mengerjakan produk yang diinginkan sang pemberi order adalah urusan mereka sendiri

Penyerahan tanggung jawab di bidang sumber daya

¡  Untuk bisa bekerja dengan baik dalam melayani masyarakat, administrasi membutuhkan ruang gerak yang memadai.
¡  Administrasi dan unit2nya harus diberikan kebebasan untuk menentukan sendiri bagaimana ia menyelesaikan kerja yang diberikan oleh pihak pemberi order
¡  Administrasi dan unit2nya harus diserahkan tanggung jawab untuk mengatur penggunaan sumber daya (dana, organisasi, personalia, perangkat penunjang) sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan

Orientasi pada hasil kerja (output)

¡  Administrasi hanya dapat dikendalikan secara efisien apabila titik tolak penyelenggaraannya adalah pada produk kerja
¡  Produk kerja ini merupakan rangkuman dari setiap aktivitas administrasi yang kemudian dibuat dalam sebuah katalog produk kerja berdasarkan jumlah, kualitas dan biaya, serta berdasarkan kelompok sasaran dan permintaan pelanggan (warga).
¡  Jumlah produk yang dirangkum tidak boleh terlalu rendah, karena akan membuat kemungkinan pengendalian menjadi hilang, tetapi juga tidak terlalu tinggi karena akan menimbulkan banjir informasi yang pada gilirannya akan menyulitkan keputusan strategis.

Controlling

¡  Controlling bisa diartikan sebagai satu konsep terpadu guna mengendalikan administrasi secara efisien dan ekonomis – dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh politik.
¡  Untuk bisa berfungsi, controlling harus menyediakan informasi yang dibutuhkan pada saat yang tepat yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan yang pihak perencana maupun administrasi sebagai pelaksana.
¡  Controlling lebih dari sekedar pengawasan. Ia merupakan upaya menyediakan informasi dengan tujuan mengendalikan sebuah proses.

Orientasi pada warga/pelanggan

¡  Intisari NPM : ”Segala sesuatu yang tidak bermanfaat bagi warga adalah pemborosan.” Kalimat ini mengungkapkan bahwa  administrasi bukanlah tujuan akhir. Administrasi adalah instrumen untuk  memberikan layanan kepada rakyat yang memang berhak mendapatkannya.

Personalia

¡  Personalia merupakan faktor kunci bagi suksesnya sebuah proses modernisasi.
¡  Modernisasi administrasi publik hanya akan berhasil apabila potensi sumber daya manusia dimanfaatkan secara maksimal, atau – jika ada kekurangan di bidang ini – memperbaiki sumber daya manusianya (human capital).
¡  Dalam proses modernisasi penting sekali melibatkan karyawan, karena tanpa itu hanya akan dicapai ketidakpastian dan seringkali sikap penolakan (boikot) yang merintangi pelaksanaan reformasi.
¡  Perlu ditentukan sedini mungkin tujuan-tujuan yang jelas untuk menyadarkan makna modernisasi kepada karyawan dan juga untuk menunjukkan keuntungan apa saja yang mereka miliki dengan adanya tujuan yang jelas tersebut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar