Rabu, 12 Juni 2013

MPA 1


METODE PENELITIAN ADMINISTRASI       
Sebagai ilmu pengetahuan : 
  1. Dari ontologi :
            Metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu
  Berdasar hal tersebut terdapat 4 kata kunci :
            * cara ilmiah
            * data
            * tujuan
            * kegunaan

  1. Cara ilmiah berarti : kegiatan penelitian didasarkan pada ciri - ciri keilmuan, yaitu  : rasional, empiris, dan sistematis
Rasional berarti kegiatan penelitian dilakukan dgn cara-cara yg masuk akal, shg terjangkau oleh penalaran manusia
Empiris, berarti cara-cara yg dilakukan           dapat diamati oleh indra manusia, shg            orang lain dapat mengamati dan            mengetahui cara-cara yg digunakan
Bedakan cara yg tdk ilmiah missal: mencari tahanan yg lari lewat paranormal
Sistematis  artinya proses yang digunakan dalam penelitian itu menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis
2.      Data,  >> yg diperoleh melalui penelitian adalah data empiris (teramati) yg mempunyai kriteria tertentu yaitu valid.
Valid , artinya menunjukkan derajat ketepatan antara data yg sesungguhnya terjadi pd obyek dgn data yg dapat dikumpulkan oleh peneliti
misal : kasus korupsi.jumlah yg dikorupsi 100 milyar, kmdn peneliti melaporkan dibawah atau diatas 100 m ,mk derajat validitas hsl penelltian rendah
·         Untuk mendapatkan data yg langsung valid dlm penelitian sering sulit dilakukan,              oleh karena itu data yg telah terkumpul sebelum diketahui validitasnya, dapat diuji melalui pengujian reliabilitas dan obyektivitas.
·         Data yg valid pasti reliabel dan obyektif
·         Reliabel, berkenaan derajat konsistensi/keajegan data dalam interval waktu tertentu
misal : pd hari 1 wawancara,sumber data mengatakan bahwa jumlah pegawai yg berdemo sebanyak 100 orang, mk besok atau lusapun sumber data tsb kalau ditanya tetap mengatakabn jumlah peg yg berdemo ada 100 orang
·         Obyektivitas, berkenaan dengan interpersonal agreement (kesepakatan antar banyak orang)
misal : bila byk orang menyetujui bahwa pegawai yg berdemo 100 orang, maka data tsb adalah data yg obyektif.
Kalau ada bbrp kelp peneliti memberikan data yg berbeda2 pd satu obyek penelitian, maka tsb tidak obyektif, shg tdk valid
·         Data yg reliabel belum tentu valid
misal : setiap hari seorg pegawai perusahaan plg malam dgn alasan ada rapat, kenyataannya tdk ada rapat. Hal ini diucapkan scr konsisten ttp berbohong, shg data tsb terlihat reliabel (konsisten) ttp tdk valid
·         Data yang obyektif  belum tentu valid
misal :99% dr sekelompok orang menyatakan bahwa si A adalah pencuri, dan 1% menyatakan bukan pencuri.
Padahal yg benar justru 1% yg menyatakan si A bukan pencuri

3.      Tujuan
Secara umum tujuan penelitian ada 3 macam sifat :
  1. Penemuan
  2. Pembuktian
  3. Pengembangan
  4. Penemuan,berarti data yg diperoleh dari penelitian adalah data yg betul-betul berarti data yg diperoleh itu digunakan untuk membuktikan adanya keragu2an thd informasi atau pengetahuan tertentu
  5. Pengembangan, berarti untuk memperdalam dan memperluas pebgetahuan yang telah ada
  6. Data yg diperoleh dari penelitian dapat digunakan untuk :
  memahami: berarti memperjelas suatu masalah atau informasi yg tdk dikatehui dan selanjutnya menjadi tahu. Contoh: “penelitian ttg sebab2 membudayanya korupsi di Indonesia”
  memecahkan: berarti  meminimalkan atau menghilangkan masalah. Contoh  memecahkan masalah  “ penelitian u/ mencari cara yg efektif u/ memberantas korupsi di Indonesia.

  mengantisipasi masalah: berarti  mengupayakan agar masalah tidak terjadi. Contoh mengantisipasi masalah “ penelitian u/ mencari cara agar korupsi tdk terjadi pd pemerintah baru”

METODE PENELITIAN ADMINISTRAS/ MANAJEMEN,adalah :
cara ilmiah untuk mendapatkan data yg valid dgn tujuan ditemukan, dibuktikan, dan dikembangkan suatu pengetahuan ttt shg pd gilirannya dpt digunakan u/ memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dlm bidang administrasi dan manajemen.
PENGERTIAN  ADMINISTRASI/MANAJEMEN
Administrasi/manajemen, adalah :
# proses pengelolaan sumber daya u/ mencapai tujuan secara efektif dan efisien
# proses perencanaan pengorganisasian, penggerakan dan pengontrolan sumber daya             manusia dan sumber daya yg lain guna mencapai tujuan yg telah ditetapkan secara             efektif dan efisien

RUANG LINGKUP PENELITIAN ADMINISTRASI
·         Administratif dikelompokkan menjadi 2 :
            1. administrasi negara,
            2. administrasi niaga
·         Administrasi negara berkenaan dgn pengelolaan kegiatan yg bersifat kenegaraan yg tujuan utamanya adalah untuk memberikan pelayanan, meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan rakyat
·         Administrrasi niaga, berkenaan  pengelolaan kegiatan usaha yg bersifat bisnis dgn tujuan utama adalah mencari keuntungan, khususnya keuntungan finansial

Perbedaan mendasar
  Administrasi negara lebih menekankan pada kegiatan pelayanan dan kesejahteraan rakyat
  Administrasi niaga lebih pada mengajar keuntungan finansial dan kesejahteraan individu atau kelompok 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar