Senin, 22 Oktober 2012

Manajemen Strategi


Definisi Manajemen Strategi
-          Bambang Hariadi,2005. Strategi Manajemen (Strategi Memenangkan Perang Bisnis). Malang: Bayumedia Publishing
-          Indriyo Gitosudarmo, 2008.Manajemen Strategis. Yogyakarta : BPFE
Sebagai ilmu pengetahuan,dpt ditinjau:
A.    Segi Ontologi
1.      Pengertian
o   Menurut Indriyo Gitosudarmo, strategik/ strategis memiliki makna bijak atau bijaksana. Shg manajemen strategis berarti manajemen yg bijak, atau manajemen yg benar serta manajemen yg tidak keliru.
o   Dalam hal ini kita hrs membawa dan mengambil keputusan yg akan membawa bisnis yg kita pimpin agar dpt memasuki suatu medan yg berada pd jalur yg benar dan tidak keliru arah, shg dlm waktu yg tdk terlalu lama bisnis segera memperoleh keberhasilan
o   Menurut Bambang Hariadi, manajemen strategi adalahsuatu proses yg dirancanag scr sistematis o/ manajemen u/ merumuskan strategi, menjalankan strategi dan mengevaluasi strategi dlm rangka menyediakan nilai2 yg terbaik bg seluruh pelanggan u/ mewujudkan visi organisasi
o   Atas dasar definisi tsb, terdpt 4 frasa penting :
1.      Manajemen strategi mrpk suatu proses yg terdr atas bbrp langkah terencana yg  melibatkan manajemen dlm orgs, mulai    pimpinan tertinggi sampai karyawan terbawah
2.      Proses digunakan u/ merumuskan visi dan misi,menetapkan tujuan strategi dan memilih strategi yg cocok u/ mencapai tujuan jangka pendek maupun jangka panjang
3.      Proses digunakan sbg landasan u/ menjalankan strategi demi menyediakan customer value terbaik
4.      Pelaksanaan strategi harus selalu dievaluasi   u/ menilai apakah hasil yg dicapai sesuai        dgn rencana dan perkembangan terbaru
2.      Ruang Lingkup
Macam-macam strategi yang akan terapkan di organisasi atau perusahaan.
            - komunikasi kelompok
            - komunikasi antar pribadi
            - komunikasi verbal
            - komunikasi organisasi
            - komunikasi massa
            - komunikasi antar budaya
3.      Materi
1.      Manajemen Strategis sgb ilmu pengetahuan
2.      Perencanaan Strategis
3.      Perumusan Strategi
4.      Penyusunan Rencana Strategi
5.      Potensi Bisnis dan strategi Penguasaannya
6.      Strategi pemasaran
7.      Strategi Keuangan
8.      Strategi Produksi
9.      Strategi dan Situasi Lingkungan
10.  Strategi Bersaing Korporasi

B.     Segi Epistomologi
1.      Pendekatan/Kerangka Berpikir :
            a. Pend multidisipliner
            b. Pend multidimensi
2.      Metode
            a. induksi : mendasarkan hsl penelitian di dlm masy baru diambil kesimpulan
            b. deduksi : mendsrkan pd rumusan/teori/dalil lalu dibuktikan kebenarannya
C.    Segi Aksiologi
Tujuan à Membentuk kerangka pikir agar kita senua dapat menjadi manajer-manajer yg bijak, manajer yg benar, tidak keliru, tidak salah arah serta dapat menjaga agar senantiasa berada pada jalur kegiatan bisnis yg benar atau strategis.

Proses Strategi Manajemen
  1. Perumusan strategi
  2. Implementasi strategi
  3. Evaluasi dan pengendalian strategi
Tahap-Tahap Penyusunan Strategi Manajemen
Tiga langkah sebelumnya dinyatakan lebih spesifik :
1.      Menetapkan bisnis apa yg akan dijalankan perusahaan & cita2/harapan yg ingin dicapai pd masa depan
2.      Menerjemahkan visi dan misi kedlm suatu tujuan strategis yg terukur dan berbagai target kinerja yg harus dicapai
3.      Menyusun strategi yg tepat u/ mencapai tujuan dan target
4.      Menjalankan strategi yg terpilih dan melakukan berbagai keputusan taktis dgn efisien dan efektif
5.      Melakukan evaluasi thd kinerja dan jika perlu melakukan berbagai penyesuaian thd arah,tujuan,strategi dan pelaksanaannya sesuai dgn situasi terbaru yg dihadapi perusahaan

FORMULASI STRATEGI
1.      Mengembangkan visi strategis dan misi bisnis
Visi :gambaran yg ingin kita ciptakan pd masa dating
Misi : jalan yg kita pilih u/ mencapai gambaran yg ingin kita ciptakan tsb
Hal Yang Diperlukan Agar Visi Misi Dihayati Pegawai
-          Visi dan misi hrs dibuat selaras dan sepadan dgn sistem nilai organisasi
-          Komitmen
-          Komunikasi
-          Visi dan misi tidak fleksibel
-          Visi dan misi harus didukung sistem manajemen yg tepat

2.      Analisis Lingkungan Perusahaan
Ada 2 lingkungan :
-          Lingk eksternalà sejumlah variabel (peluang dan ancaman) yg berada diluar orgs dan dalam jangka pendek      biasanya tdk dpt dikontrol o/ pimpinan orgs
Lingk eksternal ada 2 à Lingkungan pekerjaan dan Lingkungan sosial
a.       Lingk pekerjaan à meliputi elemen2 atau kelompok ttt yg mempengaruhi secara langsung atau dipengaruhi o/ aktivitas operasional orgs
Elemen2 tsb : pemegang saham, pemerintah,supplier,pesaing,customer, kreditur, serikat pekerja, masy lokal sekitar orgs
b.      Lingk sosial à mencakup kekuatan2 yg secara tidak langsung bersentuhan dgn aktivitas jangka pendek perusahaan dan sering mempengaruhi keputusan jangka panjang perusahaan
Lingk tsb :lingk ekonomi, sosial budaya, teknologi, hukum, politik
-          Lingk internaà sejumlah variabel (kekuatan dan kelemahan) yg berada di dlm orgs dan biasanya dlm jangka pendek berada di dlm pengendalian manajer
Variabel tsb : struktur orgs, budaya perusahaan, sumber daya, dsb

3.      Menentukan Tujuan
Penetapan tujuan  à upaya u/ merefleksikan pernyataan manajemen dlm misi kedalam target ttt atau tingkat kemajuan orgs ttt yg dapat diukur

4.      Penentuan Strategi Organisasi
mencari jalan bgmn mencapai hasil yg ditargetkan sesuai dgn visi dan misi di dlm situasi orgs dan prospek yg dihadapi

5.      Tingkatan Strategi

Ada 3 tingkatan strategi manajemen:
a.       Strategi korporasi pd holding company
-          Merupakan strategi yg dijalankan perusahaan yg memiliki saham beberapa perusahaan lain.
-          Strategi korporasi menggambarkan arah keseluruhan perusahaan secara umum thd pertumbuhan dan pengelolaan bermacam2 unit bisnis maupun variasi produk yg dihasilkan perusahaan
b.      Strategi di tingkat unit bisnis atau divisi
Merupakan strategi yg terjadi pd tingkat divisi atau unit bisnis dan mrpk strategi yg menekankan pd perbaikan posisi bersaing produk atau jasa pd spesifik industri atau segmen pasar ttt
Strategi yg diterapkan pd unit bisnis disebut “generic strategy”
c.       Strategi fungsional pada unit bisnis
Memfokuskan pd memaksimumkan produktivitas sumber daya yg digunakan dlm memberikan value terbaik u/ pemenuhan kebutuhan customers
Secara ringkas:
-          Grand strategy mentukan bgmn perusahaan akan mengembangkan pasarnya, apa tumbuh, stabil,berkurang atau kombinasi dari ketiganya
-          Generic strategy menetapkan fokus yg dipilih perusahaan
-          Strategy fungsional menentukan kebutuhan customers dan dimensi value yg akan dipenuhi o/ perusahaan

6.      Kebijaksanaan à petunjuk umum bg seluruh anggota organisasi dlm pengambilan keputusan dan diperlukan dlm pelaksanaan strategi.
Dengan kata lain kebijaksanaan mrpk petunjuk garis besar yg berfungsi sbg jembatan antara strategi dgn implementasinya

7.      Strategi dan Kewirausahaan à Menyusun strategi mrpk suatu latihan dlm mengembangkan jiwa wiraswasta dan berpikir strategis dlm menilai dan menyikapi perubahan
Resiko dihadapi perusahaan apbl manajer gagal menjalankan jiwa wiraswasta:
1. Stale strategy
Bertahan dgn strategi lama cenderung beresiko drpd membuat perubahan. Strategi yg jauh dgn realitas pasar akan membuat perusahaan jd calon terbaik mengalami krisis.     Mkn cepat lingk bisnis berubah mk memp kesempatan u/ mendiagnosa berbagai perub dan melakukan penyesuaian thd strategi perusahaan
2. Inside out strategic thinking
Manajer dgn jiwa wiraswasta lemah , sangat takut pd resiko dan enggan u/ melakukan strategi baru sepanjang strategi lama masih memberikan hasil yg diterima

           
 PERENCANAAN STRATEGIS
Adalah : perencanaan yg baik dan benar
Perencanaan yg baik akan menuntun kita kearah jalan yg benar, shg kita selalu dapat berada dlm kondisi “we are on the right track” artinya kita dapat selalu berada dlm posisi atau jalur serta track yg benar
-          Setiap kegt hrs selalu dipertimbangkan dan dirancang dgn seksama agar selalu melakukan pekerjaan dgn baik dan benar serta tdk melakukan pekerjaan yg justru keliru
-          Misal membuka bisnis baru,mencoba produk baru
PERENCANAAN OPERASIONAL
-          Adalah :  penjabaran thd cara kerja ataupun         metode kerja yg harus dilakukan untuk melaksanakan program kerja atau  kegiatan yg telah direncanakan dlm perencanaan sebelumnya yaitu perencanaan strategis
-          Atau perencanaan yg berkaitan dgn operasionalisasi ataupun pemilihan metode kerja yg akan dipergunakan tsbartinya melakukan pekerjaan dgn cara ataupun metode kerja yg baik dan benarMisal : menciptakan produk baru, perenc operasionalnya pemilihan proses produksi,pola produksi, dsb

Rencana Strategis memiliki beberapa aspek :
1.      jangka panjang
2.      komprehensif atau menyeluruh
3.      terpadu atau integrated
4.      skupnya luas
5.      daya tahannya tinggi
Perencanaan Operasional memiliki beberapa aspek :
1.      jangka pendek
2.      terpisah-pisah
3.      parsial atau bagian demi bagian
4.      skupnya sempit
5.      daya tahannya rendah
Perencanaan Strategis dan Perencanaan Tidak Strategi
1.      Rencana kerja yg latah dan ikut2an serta asal jadi
Apabila selalu latah dan hanya ikut2an, apalagi asal jadi, maka bisnis kita akan menjadi tidak strategis dan keliru serta tidak benar
Misal : Seorang membuka usaha pecel lele sukses kemudian diikuti yg lain
2.      Daya beda sbg magnet bagi konsumen
Mencari sesuatu yg berbeda dan memiliki daya beda yg tinggi
Misal : Membuka pecel lele diusahakan berbeda lebig gurih, lezat dll.
3.      Keunggulan absolut dan keunggulan komparatif
Keunggulan absolut, adalah : keunggulan yg dimiliki oleh seorang pengusaha yg berupa berbagai aset yg tdk dpt dimiliki oleh pengusaha lain   karena sifatnya yg mutlak dan tidak dapat ditiru oleh orang lain
Keunggulan komparatif, adalahkeunggulan yg telah terbentuk dan    dapat dibentuk oleh semua orang       dengan berbagai cara terutama adalah dgn cara belajar, melatih diri.
Kedua keunggulan ini hrs diramu sedemikian rupa agar membentuk sebuah rencana yg baik dan benar, tdk keliru menjadi rencana yg strategis

Ukuran Keberhasilan dalam Merancang Strategic Plan, ada 2 Macam :
1.      Keunggulan Posisi Persaingan
Artinya perusahaan dpt meraih posisi persaingan yg lebih unggul dalam percaturan bisnis
-          Langkah 1 mampu meningkatkan posisi persaingan dlm persaingan sempurna/ persaingan murni
-          Langkah 2 perusahaan menjadi berkembang dan tumbuh menjadi perusahaan cukup besar dan melawan perusahaan yg cukup besar pula persaingan oligopolistic
-          Langkah 3 Perusahaan mampu mengalahkanlawan2 bisnis dan konsumen menjadi sangat loyal dan fanatik thd produk kita persaingan monopoli
-          Apabila menang dlm persaingan monopoli, mk perusahaan tsb menjadi  “pemimpin”.
-          Sedang perusahaan yg  menantang dan lebih kecil menjadi “penantang”
-          Perusahaan yg lebih rendah lagi disebut “pengikut”

2.      Corporate Image
         Setelah menjadi pemimpin, sasaran berikutnya memperoleh image atau citra yg baik.
         Citra yg baik diawali dgn citra terhadap merk dagang/brand yg dimiliki perusahaan, yg disebut Product Image
         Setelah produc image dipertahankan, mk akan tumbuh Corporate Image.
         Harus mampu mengembangkan citra perusahaan menjadi suatu yg sdh byk dimiliki negara maju yaitu Country Image
            Contoh : Jerman negara penghasil produk mesin yg handal

Macam-Macam Bentuk Rencana Srtategis
-          Strategi Generik
Dikemukakan oleh Michael Porter disebut strategi generik atau strategi dasar, terdiri dr :
a.       Cost Leadershi
b.      Product Differentitation
c.       Focus
d.      Strategi Keunggulan Teknologi

-          Strategi Reaktif dan Proaktif
·         Strategi reaktif, adalah : suatu strategi yg hanya bersifat       membalas apa saja yg dilakukan oleh pesaing.
Misalnya Apabila pesaing menurunkan harga,dia jg menurunkan harga
·         Strategi proaktif, adalah : pengusaha tdk hanya melakukan tindakan pembalasan, ttp berusaha mencari terobosan baru yg berbeda dan lebih memiliki daya beda kadang2 mrpk paradigma baru yg mungkin diwujudkan dlm produk baru
-          Strategi Bertahan dan Menyerang
Strategi bertahan, adalah : pengusaha yg menduduki posisi bisnis yang cukup tinggi yang berusaha       mempertahankan posisinya darigempuran atau serangan dr para pelaku bisnis yg lain yg berada pd posisi dibawahnya atau sejajar

PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS
n  Terdapat 4 macam pendekatan Pikir :
            1.         Pendekatan Perkembangan yang        Menguntungkan
n  Cara berpikir yg paling mendasar/paling tua
n  Bertumpu pd upaya u/ menyusun program kerja yg dpt mendatangkan laba atau keuntungan sebesar2nya            penghasilan 
n  Perkembangan yg menguntungkan dpt diraih apabila dpt mewujudkan “keseimbangan yg menguntungkan”, yi keseimbangan antara sarana yg dimiliki dgn lingkungan yg dihadapi

            2.         Pendekatan Sistem
            3.         Pendekatan SWOT
            4.         Pendekatan Kesenjangan Perencanaan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar